Kekuatan Kemasyarakatan Utama
Kini pasar menjadi berbeda secara radikal sebagai hasil dari kekuatan-kekuatan kemasyarakatan utama yang kadang-kadang saling berkaitan, yang telah menciptakan perilaku baru, peluang baru dan tantangan baru.
- Teknologi informasi jaringan
- Globalisasi
- Deregulasi
- Privatisasi
- Persaingan yang meningkat
- Konvergensi industri
- Resistensi konsumen
- Transformasi eceran
- Disintermediasi
Kemampuan Baru Konsumen
Pelanggan masa kini menganggap perbedaan produk yang satu dengan yang lain hanya beda tipis sehingga mereka kurang loyal terhadap suatu merek. Mereka juga menjadi semakin peka terhadap harga dan kualitas dan pencarian mereka akan dinilai.
- Peningkatan yang berarti dalam hal daya beli
- Ragam barang dan jasa yang lebih banyak
- Sejumlah besar informasi hampir tentang apa saja
- Kemudahan yang lebih besar dalam memesan dan menerima pesanan
- Kemampuan untuk membandingkan catatan tentang produk dan jasa
- Suara yang lebih kuat untuk mempengaruhi teman sepergaulan dan pendapat umum.
Kemampuan Baru Perusahaan
Kekuatan-kekuatan baru juga telah berpadu untuk menghasilkan serangkaian kemampuan baru bagi perusahaan-perusahaan masa kini :
- Pemasar dapat menggunakan internet sebagai saluran informasi dan penjualan yang kuat, memperluas jangkauan geografis mereka untuk memberi informasi kepada pelanggan dan mempromosikan bisnis serta produk yang mereka di seluruh dunia.
- Para peneliti dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan kaya tentang pasar pelanggan, prospek dan pesaing.
- Para manajer dapat mempermudah dan mempercepat komunikasi internal di antara pegawai dengan menggunakan internet sebagai internet pribadi.
- Perusahaan juga dapat mempermudah serta mempercepat komunikasi eksternal di antara pelanggan dengan menciptakan “gossip” online dan off-line melalui para duta merek dan komunitas pengguna.
- Pemasar target dan komunikasi dua arah menjadi lebih mudah berkat perkembangan majalah minat khusus, saluran TV, dan kelompok diskusi internet.
- Pemasar dapat mengirim iklan, kupon, sampel dan informasi kepada pelanggan yang memintanya atau yang telah mengizinkan perusahaan untuk mengirimkannya kepada mereka.
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan yang sedang bepergian dengan mobile marketing.
- Perusahaan dapat memproduksi barang-barang yang didiferensiasikan secara individu, baik yang dipesan secara pribadi melalui telepon atau secara online, berkat kemajuan dalam penyesuaian pabrik, komputer, internet dan perangkat lunak pemasaran database.
- Manajer dapat memperbaiki pembelian, perekrutan, pelatihan dan komunikasi internal serta eksternal.
- Pembeli korporat bisa melakukan penghematan yang berarti dengan menggunakan internet untuk membandingkan harga penjual dan untuk membeli material dalam lelang atau dengan menampilkan syarat-syarat mereka sendiri.
No comments:
Post a Comment