Sunday, February 8, 2015

Orientasi Perusahaan terhadap Pasar

Konsep Produksi 

Konsep ini menyatakan bahwa konsumen lebih menyukai produk yang tersedia dalam jumlah banyak dan tidak mahal. 


Konsep Produk 

Konsep produk berpendapat bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, atau fitur inovatif terbaik. 


Konsep Penjualan 

Konsep penjualan beranggapan bahwa konsumen dan bisnis, jika dibiarkan tidak akan membeli cukup banyak produk organisasi. 


Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran beranggapan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif daripada pesaing dalam menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih baik kepada pasar sasaran yang dipilih. 


Konsep Pemasaran Holistik

Pemasaran holistik suatu pendekatan yang berusaha menyadari dan mendamaikan ruang lingkup dan kompleksitas aktivitas pemasaran.


Pemasaran Hubungan 

Pemasaran hubungan (relationship marketing) bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan konstituen kunci guna mendapatkan dan mempertahankan bisnis. 
Tujuan lainnya dari pemasaran hubungan adalah menempatkan penekanan yang lebih besar pada kegiatan mempertahankan pelanggan.


Pemasaran Terintegrasi 

Tugas pemasar adalah merencanakan aktivitas-aktivitas pemasaran dan membentuk program pemasaran yang terintegrasi penuh untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantarkan nilai kepada pelanggan. 


Pemasaran Internal 

Pemasaran holistik mencakup pula pemasaran internal, memastikan bahwa setiap orang dalam organisasi menganut prinsip pemasaran yang tepat, terutama manajemen senior. 


Pemasaran Kinerja 

Pemasaran holistik juga mencakup pemasaran kinerja dan memahami pengembalian bagi bisnis dari aktivitas dan program pemasaran dan juga menjawab keprihatinan yang lebih luas dan pengaruh hukum, etika, sosial dan lingkungan mereka. 


Akuntabilitas Finansial 

Oleh karena itu, pemasar semakin dituntut untuk membuktikan investasi mereka kepada manajemen senior dalam konteks finansial dan profitabilitas dan juga dalam konteks membangun merek dan menumbuhkan basis pelanggan. 


Pemasaran Tanggung Jawab Sosial 

Efek dari pemasaran jelas melampaui perusahaan dan pelanggan hingga ke masyarakat secara keseluruhan. 


Tugas Manajemen Pemasaran

  • Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran 
  • Menangkap pemahaman (atau gagasan) pemasaran 
  • Berhubungan dengan pelanggan 
  • Membangun merek yang kuat 
  • Membentuk penawaran pasar 
  • Menghantarkan nilai
  • Mengkomunikasikan nilai
  • Menciptakan pertumbuhan jangka panjang

No comments:

Post a Comment