Sunday, February 8, 2015

Ruang Lingkup Pemasaran

Apa itu pemasaran ?

Inti dari pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan”. 

American Marketing Association (AMA) menawarkan definisi formal berikut : Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk  menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Menangani proses pertukaran ini membutuhkan banyak kerja dan keterampilan. Manajemen pemasaran terjadi ketika setidaknya satu pihak dalam sebuah pertukaran potensial berpikir tentang cara-cara untuk mencapai respons yang diinginkan pihak lain. Karenanya kita memandang manajemen pemasaran (marketing management) sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Berikut definisi sosial yang memenuhi maksud kami : pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain. 

Para manajer terkadang menganggap pemasaran sebagai seni menjual produk. Namun banyak orang terkejut ketika mendengar bahwa menjual bukanlah bagian terpenting dari pemasaran! Menjual hanyalah ujung dari gunung es pemasaran. Peter Drucker, ahli teori manajemen terkemuka, menjelaskan sebagai berikut :

Selalu akan ada kebutuhan akan penjualan namun tujuan dari pemasaran adalah membuat penjualan berlimpah. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya sehingga terjual sendiri. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Dengan demikian yang dibutuhkan hanyalah memastikan produk dan jasa tersedia. 

Apa yang dipasarkan ?

Orang-orang pemasaran memasarkan 10 tipe entitas : barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, properti (hak kepemilikan), organisasi, informasi dan ide. 
  • Barang. Barang-barang fisik merupakan bagian terbesar dari usaha produksi dan pemasaran kebanyakan negara. 
  • Jasa. ketika ekonomi maju, semakin besar porsi aktivitas ekonomi yang berfokus pada produksi jasa. 
  • Acara. Pemasar mempromosikan acara berdasarkan waktu, seperti pameran dagang, pertunjukan seni dan ulang tahun perusahaan. 
  • Pengalaman. Dengan memadukan beberapa jasa dan barang, sebuah perusahaan dapat menciptakan, memamerkan dan memasarkan pengalaman. 
  • Orang. Pemasaran selebriti adalah bisnis yang besar. Artis, musisi, CEO, dokter, pengacara dan ahli keuangan kelas atas, dan profesional lainya dibantu oleh para pemasar selebriti. 
  • Tempat. Kota, negara, bagian, kawasan dan seluruh bangsa bersaing secara aktif menarik turis, pabrik, kantor pusat perusahaan dan pemukiman baru. 
  • Properti. Properti adalah hak kepemilikan tak berwujud atas properti yang sebenarnya (real estate).
  • Organisasi. Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat, disukai dan unik di benak publiknya. 
  • Informasi. Informasi adalah apa yang dihasilkan, dipasarkan, dan didistribusikan oleh buku, sekolah dan produk universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, siswa dan komunitas. 
  • Ide. Setiap penawaran pasar mengandung sebuah ide/gagasan dasar. 


Siapa Yang Memasarkan ?

Pemasar dan prospek pemasar (marketer) adalah seseorang yang mencari respons-perhatian, pembelian, dukungan, sumbangan dari pihak lain yang disebut prospek (prospect). Jika dua pihak ingin menjual sesuatu satu sama lain, kita menyebut kedua pihak tersebut pemasar. 

Pemasar memang terampil dalam menstimulasi permintaan akan produk perusahaan mereka, namun pandangan tersebut terlalu sempit untuk menggambarkan tugas mereka. Seperti bertanggung jawab atas manajemen pasokan, pemasar bertanggung jawab atas manajemen permintaan. Manajer pemasaran berusaha mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaan untuk mencapai tujuan organisasi. Ada delapan keadaan permintaan yang mungkin terjadi:
  1. Permintaan negatif – konsumen tidak menyukai produk dan mungkin bahkan berusaha menghindarinya. 
  2. Permintaan tidak ada – konsumen mungkin tidak sadar akan atau tidak tertarik pada produk. 
  3. Permintaan laten – konsumen mungkin memiliki suatu kebutuhan yang kuat yang tidak bisa dipenuhi produk yang ada. 
  4. Permintaan yang menurun – konsumen mulai jarang membeli produk atau tidak membeli sama sekali. 
  5. Permintaan tidak teratur – konsumen membeli secara musiman, bulanan, mingguan, harian atau bahkan dalam hitungan jam. 
  6. Permintaan penuh – konsumen membeli semua produk yang dilempar ke pasar. 
  7. Permintaan berlimpah – konsumen mau membeli produk lebih banyak daripada produk yang ada. 
  8. Permintaan tak sehat – konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.

Pasar secara tradisional “pasar” adalah tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang. Para ekonom mendeskripsikan pasar sebagai sekumpulan pembeli dan penjual yang bertransaksi atas suatu produk tertentu (seperti pasar perumahan atau pasar gandum). 

No comments:

Post a Comment